Kamis, 16 Februari 2012

The Last Song


Hello everyone :) how's life ? I hope everything is good. Btw, Happy Valentine's Day !! Belum terlalu terlambatkan untuk mengucapkannya ?? heheh karena cinta dan kasih sayang gak hanya ada di bulan Februari terlebih khusus ditanggal 14, tapi ada baiknya kita menunjukkan hal itu setiap harinya dalam hidup kita, pada orang-orang yang kita cintai :) Ngomong - ngomong soal cinta nih, gw pengen share tentang sebuah film kisah cinta yang rumit, kasih sayang, kesalahan yang berujung pada sebuah kenyataan pahit yang harus diterima oleh seorang remaja dengan segudang masalahnya.

Film The Last Song (2010) yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama menceritakan tentang seorang remaja yang bernama Ronnie Miller ( Miley Cyrus ) yang harus menerima kenyataan bahwa orangtuanya harus bercerai, dan hal itu membuat Ronnie menjadi sangat membenci ayahnya dan menjadi seorang gadis pemborantak dan pemarah. Pada suatu hari ibu Ronnie, Kim Miller ( Kelly Preston ) mengirim Ronnie dan adiknya Jonah (Bobby Coleman) untuk menghabiskan waktu liburan musim panas ditempat ayahnya, di Pulau Tybee, Georgia. Ayahnya sendiri Steve Miller (Greg Kinnear) adalah seorang pianist terkenal namun ia bekerja sebagai pembuat kaca patri pada sebuah gereja yang terbakar, dan Stevelah yang dituduh membakar gereja tersebut.
Ternyata liburan ini, hanya menyisakan kesengsaraan buat Ronnie, yang notabene tidak menyukai ayahnya dan sangat tertutup dengan orang luar. Namun lambat laun ia mulai terbiasa dengan ayahnya dan perlahan - lahan hubungan dengan ayahnya semakin membaik, apalagi sejak bertemu dengan Will Blakelee. Banyak hal yang menyenangkan yang dilakukan Ronnie bersama will dan ayahnya sampai suatu hari saat mereka sedang melihat telur-telur penyuh menetas, ayahnya terjatuh dan akhirnya Ronnie tahu kalau ayahnya mengidap penyakit kanker. Ia pun menjadi merasa bersalah karena sering mengabaikan dan bertengkar dengan ayahnya selama ini. Dia pun memutuskan untuk mengurus ayahnya dan menolak pulang ketika ibunya datang untuk menjemputnya kembali.

Tapi kisah cintanya dengan Will juga tidak berjalan dengan mulus. Ronnie akhirnya tahu kalau bukan ayahnya yang membakar gereja tersebut tapi Scoot (teman will) yang melakukannya, namun Will juga tidak memberitahukan yang telah terjadi sebenanya. Ronnie marah, dan mengusir Will.
Ronnie tidak pernah bertemu Will sejak saat itu karena Will sudah mulai kuliah ditempat lain. Sang ayah yang tahu kegundahan hati anaknya, diapun menasihati Ronnie kalau menjauhkan Will adalah hal yang tidak baik namun Ronnie cuma terdiam.

Ayahnya memang sudah tidak bisa bertahan lama, suatu malam ayahnya tidak bisa melanjutkan untuk membuat sebuah lagu "For Ronnie" karena tangannya sudah sangat sakit. Steve beranjak keluar dari rumah dan duduk diteras, Ronnie pun penasaran akan lagu yang diciptakan ayahnya, dia melanjutkan lagu itu dan akhirnya selesai. Ayahnya meninggal saat lagu itu telah selesai.

Pada pemakaman ayahnya Ronnie mengungkapkan semua rasa cintanya pada ayahnya dengan sebuah lagu. memang terkadang rasa cinta kita tidak hanya diucapkan dengan kata-kata namun sesuatu yang berbeda, sama seperti yang dilakuakan Ronnie. Banyak orang yang datang pada pemakaman ayahnya termasuk kedua orangtua Will, dan Will sendiri yang datang pada saat Ronnie akan memainkan lagunya. Ronnie akhirnya sadar akan kesalahannya selama ini pada ayahnya, Will dan orang - orang yang ada disekitarnya. Pada saat Ronnie akan berkemas, dia melihat Will dipantai, diapun segera menemui Will dan meminta maaf padanya, karena keegoisannya.

Film ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan seseorang dapat termaafkan dengan kekuatan cinta yang sangat luar biasa. Apalagi hubungan / ikatan antara orangtua dan anak tak kan terpisahkan oleh apapun. Film ini mengajak kita untuk mencintai / mengasihi orang - orang yang ada disekitar kita selama kita masih ada didunia ini. Kasih akan lebih bermakna jika dilakukan dengan tulus ikhlas. Dan kasih yang terutama adalah kasih pada Sang Maha Pencipta karena dialah yang empunya hidup, muliakanlah Dia disepanjang hidupmu :)


-Everyone makes mistakes. Even the people that we love- The Last Song

2 komentar: