Sabtu, 31 Maret 2012

Seminar Sehari KMK UKI TORAJA 2012

Lama tak posting apa - apa diblog ini, gak terasa udah akhir bulan Maret aja. Gak tahu kenapa bulan Maret ini begitu melelahkan buat gw pribadi selain tugas kuliah yang numpuk minta dikerjain, banyak hal non-teknis pula yang mengganggu pikiran gw. Mulai dari masalah ini sampai masalah itu (?)
Gw pengen ngepost soal kegiatan KMK UKI TORAJA yang beberapa waktu lalu kami adain. Kegiatan ini berupa seminar sehari yang kebetulan emang merupakan program tahunan dari KMK sendiri. Seminar sehari ini lebih kepada seminar budaya Toraja, dan tema yang kami angkat pada saat itu adalah "Membangun sikap cinta dan refleksif Mahasiswa Katolik terhadap budaya Toraja dalam prespektif iman Katolik"

(foto seadanya xixixi)

Latar belakang dari kami sehingga memilih tema tersebut adalah sekarang ini banyak kaum muda khususnya Mahasiswa yang seakan - akan lupa atau malahan tidak tahu tentang budayanya sendiri. Sebagian dari kita lebih cenderung "lebih" mengenal budaya orang lain daripada budaya kita sendiri. Bagaimana jadinya jika ada orang dari luar datang ketempat kita bertanya tentang budaya, dan kita tidak bisa menjawabnya ? Sungguh ironis. Budaya memang bagian dari pribadi kita sendiri oleh karena itu rasa cinta terhadap budaya perlu lebih kita tumbuhkan dalam diri kita. Seminar sehari ini mengangkat 3 pilar pokok yaitu, Budaya Toraja, Mahasiswa / Kaum Muda dan Iman Katolik. Kaitan dari hal ini adalah bagaimana kita,  kaum muda menempatkan / memposisikan di dalam budaya itu sendiri (khususnya Budaya Toraja) tapi tetap dalam konteks iman Katolik. Dan juga bagaimana kita memandang jauh ke masa depan tentang budaya kita apakah masih tetap terjaga atau malah terkikis oleh zaman, terlebih untuk kaum muda khususnya mahasiswa yang notabene merupakan Generasi Penerus Bangsa. 

Nah itu dia tadi latar belakang kegiatan kami. Kegiatan seminar sehari ini sendiri diadakan beberapa waktu yang lalu di Aula Gereja Katolik Stasi St. Yosep Mandetek (Makale Utara, Tana Toraja) pada Sabtu, 17 Maret 2012. Pembicara dalam seminar sehari ini adalah P. John Manta' yang kebetulan merupakan pastor dan juga pakar budaya Toraja yang kami nilai sangat cocok untuk membawakan materi sesuai dengan tema yang kami rancang. Sebenarnya ada dua pemateri tapi berhubung salah satu pemateri berhalangan maka hanya P. John yang menjadi pemateri. Namun hal ini tidak membuat kami sebagai panitia menjadi patah semangat, karena kami yakin P. John bisa menghandle dengan baik :) 

Peserta yang hadir dalam seminar sehari ini tidak hanya dari mahasiswa KMK UKI TORAJA sendiri namun ada dari beberapa kampus yang juga hadir dalam kegiatan kami ini. Jalannya kegiatan seminar ini lumayan lancar sesuai dengan yang kami rancang meskipun agak lelet sedikit namun gak jadi penghalang buat terlaksananya kegiatan seminar ini. Ditambah antusiasme para peserta seminar yang tertarik dalam membahasa tentang budaya Toraja. Pokoknya menjadikan kegiatan ini seru tapi tetap edukatif.

Oke itu dia sedikit postingan gw tentang kegiatan seminar sehari kami. Semoga dapat menjadi referensi bagi teman-teman sekalian. Oh ya, gw bakalan nampilin sedikit foto - foto saat seminar sehari kami yang yaa fotonya lumayan kabur hahaha 
See you in the next post :D Happy weekend 

(narsis dulu sebelum mulai kegiatannya ahaha)

(sang receptionist :D)  

 ( sambutan dari Pastor moderator KMK kevikepan Toraja, 
P. Bartholomeus Pararak, Pr)

 (peserta seminar sehari)


  ( kiri : Ketua KMK Kev Toraja, tengah : P. John Manta' - Pemateri, kanan : aku lol)

 ( Foto bersama peserta seminar sehari KMK UKI TORAJA 
bersama bapak pastor moderator mahasiswa dan pastor John Manta' sebagai pemateri)


*Behind the scene :  

Foto para panitia aneh sepanjang masa cekidot :D 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar